Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Tips Menyusun Menu Seimbang

Pendidikan Kesehatan tentang gizi : Pendidikan gizi pada masyarakat dikenal sebagai usaha perbaikan gizi, atau suatu usaha untuk meningkatkan status gizi masyarakat khususnya golongan rawan (Bumil, Busui, balita). Meliputi :
1. MENYUSUN MENU

  • Syarat Menyusun menu

1. Nilai gizi Makanan
2. Biaya yang tersedia
3. Mudah diselenggarakan
4. Diterima anggota Keluarga

  • Menyusun Menu
  • Menu yang bergizi lengkap dan seimbang harus mengandung:
  1. Bahan makanan sumber tenaga : nasi, roti, kentang
  2. Bahan makanan sumber zat pembangunan:Protein hewani: telur, ikan, daging, susu, keju,Protein nabati : tempe, tahu.
  3. Bahan makanan sumber zat pengatur :Sayuran : bayam, buncis, wotel, tomat,Buah : pisang, pepaya, jeruk, apel
  4. Untuk membuat menu yang bergizi lengkap dan seimbang perlu disusun dari ketiga golongan bahan makanan di atas, dan dapat ditambahkan jenis makanan yang dapat memperkaya rasa menu misalnya; minyak, mentega, gula.
  5. Banyaknya kalori yang harus dikomsumsi dan jumlah kalorinya disesuaikan dengan umur (Sulistyoningsih, 2010)
  6. Buat suatu pola dan susunan menu untuk suatu jangka waktu yang diinginkan (misal 3 hari, 5 hari, 10 hari)
  7. Mula-mula cantumkan makanan pokok dalam daftar menu tersebut, Buat variasi untuk penganekaragaman.
  8. Cantumkan lauk pauk, dipilih dari protein yang berasal dari hewani dan dari tumbuh-tumbuhan (Nabati ). Buat bervariasi setiap hari.
  9. Cantumkan Sayuran, usahakan setiap hari menggunakan sayuran yang berwarna hijau.
  10. Kemudian cantumkan buah. Penggunaan sayuran dan buah yang sedang musim akan sangat membantu masalah biaya.
  11. Terakhir cantumkan makanan selingan, usahakan menggunakan beranekaragam bahanmakanan. Misalnya pecel, bubur kacang hijau, kolak ubi dan sebagainya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Like this yooo...

Followers